Fungsi dan Jenis Dinding Bangunan - Mitra Arsitek Official

Postingan Pilihan

Home Top Ad

Post Top Ad

04/12/15

Fungsi dan Jenis Dinding Bangunan


Tentang Dinding
Dinding atau yang umum dikenal dimasyarakat dengan istilah tembok ini merupakan badan bangunan yang memiliki peran sangat penting dalam mewujudkan sebuah hunian. Tidak hanya memberikan privasi kepada penghuninya tetapi juga memberikan keindahan dan kenyamanan. Jika anda membangun rumah menggunakan jasa arsitek, mungkin anda tidak terlalu bingung dalam hal pemilihan material dinding. Tetapi jika anda mempunyai keinginan untuk mewujudkan hunian idaman tanpa seorang arsitek, maka anda perlu pengetahuan dasar mengenai fungsi, jenis material, serta aksesori dinding.

Fungsi Dinding
Dinding yang bagus adalah dinding yang dapat mewakili fungsi dari sebuah ruangan. Anda memerlukan jenis dinding yang berbeda untuk sebuah fungsi ruangan tertentu. Namun secara umum fungsi dinding sebagai berikut :
  • Sebagai penahan angin, cahaya , serta air
  • Sebagai pemisah antar ruang yang memiliki fungsi yang berbeda
  • Sebagai pemisah ruang, antara ruang privat dengan semi-privat dan umum
  • Sebagai penahan kebisingan, untuk ruang-ruang yang memerlukan ambang kekedapan suara seperti home teather atau studio
  • Sebagai elemen estetis yang memiliki fungsi artistik
Jenis Dinding
Dinding digolongkan menjadi 3 macan sesuai dengan fungsinya, yaitu dinding eksterior, dinding interior, dan dinding dengan fungsi tertentu. Berikut ini 3 Jenis dinding berdasarkan fungsinya : 

Dinding Eksterior

Dinding eksterior merupakan dinding yang berada diluar atau muka bangunan. Selain kuat dinding eksterior juga harus tahan terhadap cuaca dan juga indah (sesuai dengan style arsitektur yang ditampilkan). Faktor cuaca sangat penting mengingat kita tinggal di Indonesia yang beriklim tropis. Curah hujan dan kelembaban tinggi dan sinar matahari yang melimpah sangat berpengaruh terhadap dinding eksterior. Oleh karena itu pemilihan material dinding eksterior perlu dipertimbangkan

Dinding Interior
Dinding interior merupakan dinding yang berada pada bagian dalam bangunan. Tidak harus permanen seperti dinding eksterior, dinding interior juga dapat didesain sebagai dinding yang bersifat temporer. Dengan menggunakan partisi dinding dapat dengan mudah diubah sesuai kebutuhan ruang. Sebagai pemisah fungsi ruang, dinding interior memiliki potensi sebagai elemen estetis sebuah ruang.

Dinding Dengan Fungsi Tertentu
Ada berbagai macam kebutuhan ruang yang memerlukan penggunaaan dinding yang berbeda. Misalnya hometheater studio, ruang kerja dan perpustakaan. Jika anda mempunyai hobi bermusik dan anda ingin mewadahi hobi anda, Tentu saja anda membutuhkan ruang kedap suara  dengan dinding berbahan akustik.

===========================================
Demikian artikel ini , semoga dapat memberikan manfaat bagi teman-teman dan mohon dishare untuk  memberikan manfaat bersama (klik icon share dibawah). Untuk informasi produk mitra arsitek, silahkan visit di Kios Arsitek

Post Bottom Ad