Ruang Lingkup Pemeliharaan Bangunan Rumah - Mitra Arsitek Official

Postingan Pilihan

Home Top Ad

Post Top Ad

09/10/15

Ruang Lingkup Pemeliharaan Bangunan Rumah



Tentang Pemeliharaan Bangunan
Pemeliharaan bangunan merupakan pekerjaan setelah bangunan selesai dibangun. Pemeliharaan merupakan salah satu aspek yang menjadi masukan (input) bagi pemanfaatan bangunan dan pelestarian bangunan. Pemeliharaan bangunan pada dasarnya bertujuan mempertahankan kualitas bahan dan komponen konstruksi pada suatu bangunan dan mencegah meluasnya penurunan kualitas bahan (deterioration) serta mengembalikannya pada kondisi semula.
Definisi
Segala tindakan yang diperlukan untuk menjaga keberlangsungan operasi system atau alat dapat berfungsi baik (efektif dan efisien).Pemeliharaan merupakan suatu cara atau teknik yang tepat untuk menjaga kondisi atau komponen bangunan agara selalu dalam keadaan prima sesuai fungsinya.
Perawatan adalah kegiatan memperbaiki dan atau mengganti bagian bangunan gedung atau rumah, komponen, bahan bangunan dan atau prasarana –prasarananya agar bangunan tetap layak fungsi dan kuratif setelah ada kerusakan  atau masalah, baik tingkat ringan, sedang maupun berat.
Laik Fungsi adalah kondisi bangunan untuk memenuhi persyaratan administratif maupun teknis sesuai dengan fungsi bangunan yang diterapkan.
Ruang Lingkup
Pemeliharaan dan perawatan bangunan menjadi sangat penting karena akan mempengaruhi langsung dari kualitas bangunan. Yang dimana daya  guna dari bahan bahan bangunan akan semakin menurun seiring dengan usia bangunan. Dengan melihat bangunan sebagai kebutuhan primer (hunian) penurunan kualitas dapat mempengaruhi dari aspek fungsi, keamanan dan estetika. Penurunan kualitas bangunan pada akhirnya akan menyebabkan penyusutan nilai bangunan sebagai aset investasi.
Nilai investasi akan jatuh ketika bangunan terjadi kerusakan secara fisik seperti dinding retak, kebocoran atap, noda plafon, lantai kusam, cat terkelupas. Atau bahkan sangat menggangu ketika kondisi tersebut menurunkan nilai keamanan dan kenyaman bangunan. Hal-hal tersebut menjadi mimpi buruk bagi pemilik bangunan, maka dari itu diperlukan manajemen perawatan bangunan yang handal.

===========================================
Demikian artikel ini , semoga dapat memberikan manfaat bagi teman-teman dan mohon dishare untuk  memberikan manfaat bersama (klik icon share dibawah). Untuk informasi produk mitra arsitek, silahkan visit di Kios Arsitek

Post Bottom Ad