Tentang Atap , Fungsi dan Jenis Atap Bangunan - Mitra Arsitek Official

Postingan Pilihan

Home Top Ad

Post Top Ad

03/02/15

Tentang Atap , Fungsi dan Jenis Atap Bangunan



Tentang Atap
Seiring berkembangnya dunia aristektur, tampilan atap menjadi hal penting untuk membantu pencitraan sebuah rumah. Rumah dengan atap datar misalnya sering digunakan pada atap rumah minimalis untuk memberikan kesan simple. Selain memberikan citra pada sebuah hunian, pada dasarnya atap mempunyai fungsi sebagai pelindung bangunan dibawahnya yang seharusnya didesain semaksimal mungkin sesuai dengan kondisi lingkungan setempat agar  tercipta sebuah rumah yang sehat dan nyaman.  Bayangkan saja ketika musim hujan tiba, kita direpotkan oleh rembesan pada plafon akibat genting bocor atau talang air yang tidak bekerja maksimal. Dengan mengetahui aneka jenis atap beserta kelebihan dan kekurangannya, Anda dapat menentukan jenis atap apa yang cocok diterapkan pada hunian anda. 

Fungsi Atap
Seperti layaknya payung, atap berfungsi sebagai pelindung dari panas dan hujan. Untuk iklim topis di Indonesia, pemilihan bentuk atap menjadi hal penting untuk diperhatikan. Agar dapat berfungsi secara maksimal, atap harus  dapat menjalankan fungsinya. Dengan baik seperti menyalurkan air hujan ke permukaan tanah serta meredam panas matahari  yang masuk kedalam ruangan.

Jenis Atap
Pada dasarnya atap dapat digolongkan dengan berbagai criteria, bentuk, sudut dan bahan. Namun pada umumnya penggolongan atap antara lain:
·         Atap Datar
·         Atap Pelana
·         Atap Perisai
·         Atap Limas
·         Atap Miring

===========================================
Demikian artikel ini , semoga dapat memberikan manfaat bagi teman-teman dan mohon dishare untuk  memberikan manfaat bersama (klik icon share dibawah). Untuk informasi produk mitra arsitek, silahkan visit di Kios Arsitek

Post Bottom Ad