Hemat Membangun Rumah, (Part 1) Perencanaan Yang Matang - Mitra Arsitek Official

Postingan Pilihan

Home Top Ad

Post Top Ad

22/02/15

Hemat Membangun Rumah, (Part 1) Perencanaan Yang Matang



Susun Jadwal Pekerjaan
 Di dalam proses pembangunan rumah terdapat beberepa pekerjaan yang dilaksanakan secara bertahap. Untuk mengetahui waktu dimulainya pekerjaan, perlu dibuat jadwal pelaksanaan terlebih dahulu. Beberapa keuntungan Jika dibuat jadwal antara lain :

·         Memudahkan pengawasan
·         Memudahkan pengaturan pekerjaan
·         Memudahkan mengontrol kebutuhan jumlah pekerjaan
·         Dapat mengetahui waktu pengiriman material dengan tepat
·         Memudahkan mengetahui kebutuhan material tiap waktunya (perhari atau perminggu)
·         Progress pekerjaan mudah dikontrol dan diamati
·         Dapat dengan mudah mengetahui kapan pekerjaan selesai
·         Memudahkan mengatasi masalah jika terjadi keterlambatan pekerjaan
·         Dapat mengetahui waktu selesaianya proyek pekerjaan

Tentukan Waktu Pembangunan
Agar proses pembangunan tidak bermasalah akibat cuaca, sebaiknya pembangunan rumah dilaksanakan pada akhir musim hujan menjelang musim panas atau awal musim panas. Jika pembangunan rumah dilaksanakan pada saat musim hujan , maka akan banyak ditemui kendala. Khususnya pada pekerjaan pondasi, dinding, pengecatan.

Pilih Borongan Atau harian
Pada dasarnya dalam menentukan pelaksana konstruksi oleh tukang diperlukan pertimbangan yang tepat. Kesalahan dalam menetukan type pelaksanaan pekerjaan akan berakibat pada pembengkakan biaya ataupun terbengkalainya pekerjaan. Pemilihan tipe borongan atau harian dapat ditentukan oleh berbagai factor seperti biaya, kecepatan kerja, pengawasan, dan lainnya. (silahkan Lihat di artikel Perbandingan sistem borongan atau harian)

Gunakan Tukang Berpengalaman
Dalam membangun rumah , yang menentukan kualitas rumah adalah tenaga kerja atau tukang. Sangat diperlukan dalam memilih tenaga kerja (tukang) dengan keterampilan baik dan bekerja secara profesional. (silahkan Lihat di artikel 8 Ciri-Ciri Tukang yang baik)

Pahami Rencana Anggaran Biaya
Sangat dianjurkan sebelum melakukan pembangunan melengkapi dengan Rencana Anggaran Biaya atau RAB. Kelengkapan RAB sama pentingngya dengan perencanaan arsitektur dan Gambar Kerja. (silahkan Lihat di artikel 7 Keuntungan Menyusun RAB)

===========================================
Demikian artikel ini , semoga dapat memberikan manfaat bagi teman-teman dan mohon dishare untuk  memberikan manfaat bersama (klik icon share dibawah). Untuk informasi produk mitra arsitek, silahkan visit di Kios Arsitek

Post Bottom Ad