3 Faktor Penting Dalam Pemilhan Bahan Bangunan - Mitra Arsitek Official

Postingan Pilihan

Home Top Ad

Post Top Ad

02/02/15

3 Faktor Penting Dalam Pemilhan Bahan Bangunan





Pemilihan bahan bangunan pada sebuah hunian tidaklah sama. Ada beberapa faktor yang mempengaruhinya sebagai berikut :
  • ·         Lokasi bahan bangunan itu akan digunakan
  • ·         Perilaku Penghuni
  • ·         Selera Pemilik hunian
Lokasi bahan bangunan itu akan digunakan
Lokasi hunian menjadi dfaktor penting ketika memilih bahan bangunan. Lokasi Hunian akan dipengaruhi oleh kondisi lingkungan setempat, seperti curah hujan, kelembapan, suhu udara, dan kondisi tanah. Faktor iklim tersebut hendalah dijadikan pertimbangan sebelum memutuskan bahan jenis apa yang akan dipakai. Tentu saja menjadi masalah ketika memilih bahan yang tidak tahan terhadap air untuk rumah di lokasi dengan curah hujan tinggi atau sebaliknya

Perilaku Penghuni


Perilaku penghuni menyangkut kebutuhan penghuni untuk mencapai kenyamanan ketika melakukan aktivitas sehari-hari. Ketika anda tinggal dengan orang tua (manula), sebaiknya menjadi pertimbangan ketika memilih bahan bangunan, misalnya ketika memilih bahan untuk lantai. Usahakan memilih lantai dengan permukan yang tidak licin karena kemampuan berjalan manula sudah tidak sempurna sehingga meminimalisir terjadinya kecelakaan. Perilaku anak juga dapat menjadi pertimbangan, Misalnya ketika anda merencanakan kamar untuk anak. Ada baiknya anda mengetahui prilaku anak seusianya. Tentu menjengkelkan jika tembok yang telah anda cat indah menjadi lukisan abstrak hasil karya anak anda yang mulai senang mencoret-coret. Anda dapat mengantisipasinya dengan menggunakan dinding keramik pada bagian bawah sampai setinggi 1 meter. Dengan demikian anak akan tetap mencorat-coret tetapi dapat mudah dibersihkan.

Selera Pemilik Hunian

Faktor Terakhir yang berpengaruh ketika anda memilih bahan bangunan adalah selera penghuni yang tentu tidak akan sama satu sama lain. Sebaiknya factor selera ini dibicarakan lebih dahulu sebelum memutuskan untuk membelinya. Selera keluarga yang tidak sama satu sama lain tentu akan menimbulkan masalah. Bijaklah dalam menentukan prioritas, karena bahan bangunan bersifat tetap sehingga akan membutuhkan waktu dan biaya dalam membongkar jika sudah bosan. Sebaiknya ketika anda memilih bahan bangunan tidak memaksakan selera menjadi prioritas dengan mengesampingkan factor keamanan, kenyaman, dan lingkungan.
Sekilas Informasi dari Mitra Arsitek  tentang 3 Faktor Penting Dalam Pemilhan Bahan Bangunan, semoga bermanfaat bagi rekan pembaca. Nantikan selalu artikel bermanfaat lainnya, untuk informasi dan konsultasi dapat menghubungi kontak yang tersedia.


Post Bottom Ad