Selamat datang di Website Mitra Arsitek (CV. Mitra Sulawesi), Kami melayani berbagai keperluan Jasa Desain Arsitektural bangun rumah, hitung RAB, Time Schedull dan lainnya

Perbandingan Konstruksi Baja Ringan dan Rangka Kayu



Perbandingan dari sebuah rangka atap kayu dan atap baja ringan sebagai bahan bangunan mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing yang dapat menjadi bahan pertimbangan dalam memilih diantara keduanya untuk digunakan sebagai tempat dudukan penutup dan penopang atap rumah maupun bangunan lainya. Jika dilihat dari keawetan maka baja ringan akan lebih tahan lama jika digunakan pada bangunan yang jauh dari hal-hal yang dapat menyebabkan kerusakan pada baja misalnya bangunan di dekat laut akan sering terkena angin yang membawa bahan penyebab karat pada besi sehingga dalam kondisi ini akan lebih baik jika menggunakan kayu sebagai rangka struktur bangunan. Kondisi seperti itu cukup disesuaikan dengan keadaan tempat tinggal Anda. Beberapa aspek pembanding kedua type konstruksi tersebut dapat anda lihat pada penjelasan berikut :

Daya Tahan
Sebagai bahan konstruksi bangunan, kayu sudah dikenal dan banyak dipakai sebelum orang mengenal beton dan baja. Dalam pemakaiannya kayu tersebut harus memenuhi syarat, mampu menahan bermacam-macam beban yang bekerja dengan aman dalam jangka waktu yang direncanakan mempunyai ketahanan dan keawetan yang memadai melebihi umur pakainya, serta mempunyai ukuran penampang dan panjang yang sesuai dengan pemakainnya dalam konstruksi.
Kayu mempunyai kekuatan yang tinggi, mempunyai daya penahan tinggi terhadap pengaruh kimia dan listrik, dapat mudah dikerjakan, dapat diganti dengan mudah.
Kerugiannya antara lain ialah kayu bersifat kurang homogen dengan cacat cacat alam seperti arah serat yang berbentuk menampang, spiral dan diagonal, mata kayu dan sebagainya. Beberapa kayu bersifat kurang awet dalam keadaan tertentu.kayu dapat memuai dan menyusut dengan perubahan perubahan kelembaban dan meskipun tetap elastis, pada pembebanan berjangka lama sesuatu balok akan terdapat lendutan yang relatif besar. Sifat-sifat karakteristik seperti ini memperlihatkan perbedaan-perbedaan penting antara kayu dan bahan yang lain.
Baja ringan atau Cold Formed Steel adalah komponen struktur baja dari lembaran atau pelat baja dengan proses pengerjaan dingin. Profil baja ringan yang dibentuk dari pelat-pelat yang sudah jadi ini, menjadi profil baja dalam temperatur atmosfir (dalam keadaan dingin).
Baja ringan menjadi material bangunan yang sedang trend saat ini, rangka atap baja ringan lebih dominan terkenal dibanding baja ringan untuk struktur lainnya. Hal ini karena gencarnya iklan-iklan yang menawarkan produk rangka atap baja ringan menggantikan rangka atap dari material kayu. Mengingat kayu semakin hari semakin langka juga karena harga kayu yang relatif mahal, maka pemilihan material rangka atap baja ringan menjadi satu pilihan para kontraktor atau owner dalam membangun rumah. Selain karena faktor keawetan dan tahan rayap dan karat, rangka atap baja ringan mempunyai kelebihan yaitu kekuatan struktur yang lebih bagus, seperti lebih kuat dan lebih kaku sehingga proposional.

Harga
Dari sisi harga dapat dilihat bahwa kayu dan atap baja ringan tidak terlalu beda jauh, akan tetapi kayu akan bisa jadi lebih mahal mengingat kelangkaan kayu karena maraknya penebangan pohon tanpa diimbangi dengan upaya penanaman kembali dengan jumlah yang seimbang antara penebangan dan penanaman. Pada pekejaan rangka atap baja ringan dihitung dalam satuan kg atau meter dan sedangkan pada kayu dihitung dalam satuan m3 atau meter, sehingga diperlukan data harga atap baja ringan per kg atau harga kayu per meter kubik untuk dapat menghitung rencana anggaran biaya bangunan, khususnya pekerjaan rangka atap rumah. Dalam proses pengerjaan, diperlukan tukang bangunan yang ahli dalam merangkai atap baja ringan untuk memasangnya, sedangkan untuk rangka atap kayu dapat dikerjakan oleh tukang kayu yang telah ahli dalam bidang perkayuan sehingga dapat dihasilkan pekerjaan dengan kualitas yang kokoh, bagus dan rapih.

Waktu
waktu merupakan elemen yang sangat penting, karena kita atau semua orang berkeinginan sesegera mungkin dapat menempati rumah tinggal kita untuk beraktifitas. misalnya kita menggunakan rangka kayu , maka waktu kita akan terbuang habis untuk mengasih waktu tukang kay untuk mensetting kayu mulai dari kuda-kuda sampai reng. Waktu yang terbuang karena setiap kayu ukurannya yang pasti tidak selalu sama atau berbeda, ada yang lurus dan melengkung serta ukurannya juga beda-beda. Belum lagi satu hari jadi 1 kuda-kuda walaupun di kerjakan 3 tukang sekaligus untuk menghaluskan , menyamakan ukuran serta merangkai. Berbeda dengan menggunakan atap baja ringan, yang pasti masalah waktu dan persisi matrial sangat tinggi keakuratannya mulai dari segi bentuk dan kualiatas yang bagus dan kokoh , dan baja ringan ada yang bergaransi . (ref: http://realtyrumah.com)

Demikian informasi seputar Perbandingan Konstruksi Baja Ringan dan Rangka Kayu, semoga dapat bermanfaat.

Terima kasih telah berkunjung di website mitra-arsitek, untuk konsultasi, pertanyaan dan informasi  lainnya silahkan hubungi kontak tersedia

Kami rekomendasikan juga untuk anda:

Bagikan jika bermanfaat :
 
Support : Creating Website | Aswar Teknik | Mas Template
Copyright © 2011-2016. Mitra Arsitek Official Website - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger