Selamat datang di Website Mitra Arsitek (CV. Mitra Sulawesi), Kami melayani berbagai keperluan Jasa Desain Arsitektural bangun rumah, hitung RAB, Time Schedull dan lainnya

Kelebihan dan Kekurangan Aneka Jenis Atap (1), Atap Datar





Tentang Atap Datar
Atap datar adalah atap yang memiliki bentuk datar dengan kemiringan kurang dari  10 derajat. Tapi jenis ini biasanya terbuat dari beton. Namun karena pembuatannya yang cenderung praktis, atap jenis ini sering digunakan untuk atap dengan bahan polycarbonate. Atap jenis ini banyak digunakan didaerah yang beriklim subtropics yang memiliki curah  hujan rendah. Ada beberapa pilihan struktur rangka atap datar antara lain menggunakan pelat beton bertulang konvensional, beton prefab (pabrikasi dengan beton ringan aerasi atau beton komposit (campuran dengan bahan lain contohnya tulangan kawatbaja atau Styrofoam)

Kelebihan
·         Cenderung lebih praktis karena bentuknya yang datar sehingga pembuatan rangkanya tidak terlalu rumit
·         Dapat digunakan untuk berbagai kebutuhan atap karena kemiringannya tidak terlalu curam sehingga fleksibel untuk ditempatkan dimana saja.
·         Dapat menjadi solusi bagi rumah tumbuh. Lahan yang sempit dengan kebutuhan ruang yang banyak menjadikan atap datar memungkian kan untuk berkembangya fungsi baru diatap rumah. Yang perlu diperhatikan adalah konstruksi yang memang untuk beban dikemudian hari.

Kekurangan

  • Kurang mampu mengalirkan air sehingga menimbulkan genangan  yang memungkinkan terjadinya kebocoran,

Solusi : saat merencakan atap, sebaiknya anda membuat kemiringan atap minimum 2 derajat sehingga air dapat langsung mengalir ke lubang pembuangan. Perlu dibuat jalur air pada tepi atap agar air hujan tidak menggenang dan membuat dak beton rusak

  • Beton merupakan material dengan daya serap panas yang kurang baik sehingga menyebakan suhu ruang yang berada di bawahnya menjadi lebih panas

Solusi : untuk meminimalkan panas yang ditimbulkan oleh atap beton, sebaiknya berikan ruang sirkulasi 30-50 cm antara atap dan plafon agar udara panas yang ditumbulkan tidak langsung mengalir ke ruangan.

Sekilas Informasi dari Mitra Arsitek  tentang Kelebihan dan Kekurangan  Aneka Jenis Atap (1), Atap Datar, semoga bermanfaat bagi rekan pembaca. Nantikan selalu artikel bermanfaat lainnya, untuk informasi dan konsultasi dapat menghubungi kontak yang tersedia.

Kami rekomendasikan juga untuk anda:

Bagikan jika bermanfaat :
 
Support : Creating Website | Aswar Teknik | Mas Template
Copyright © 2011-2016. Mitra Arsitek Official Website - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger